Lambang Atom, Nomor Atom dan Nomor Massa


      1.      Lambang Atom

Lambang atom merupakan suatu cara penulisan suatu unsur untuk memudahkan dalam melihat karakteristik dari suatu unsur. Lambang atom biasanya terdiri dari lambang ato itu tersendiri, nomor atom dan momor massa. Untuk mengetahui lebih lanjut dapat dilihat pada keterangan di bawah:
 Keterangan:
X = lambang atom
A = Nomor massa atom
Z = Nomor Atom

      2.      Nomor Atom (Z)

Nomor atom merupakan nomor yang menunjukkan jumlah proton yang terdapat pada suatu atom. Pada atom netral jumlah jumlah proton sama dengan jumlah elektron. Namun apabila atom tersebut bermuatan, maka nomor atom hanya menunjukkan jumlah protonnya saja. Suatu atom hanya dapat melepas dan menerima elektron saja, sedangkan jumlah proton dan neutron dari suatu atom adalah tetap. Nomor atom juga menunjukkan jumlah proton yang berada di dalam inti atom.
Contoh:
= Pada atom klor ini atom klor memiliki nomor atom 17. Hal ini berarti atom kolor memiliki jumlah proton 17 dan jumlah elektron 17 karena atom Cl netral.
= Pada atom klor ini atom klor memiliki nomor atom 17. Hal ini berarti atom kolor memiliki jumlah proton 17, namun karena atom klor bermuatan negatif satu (“-1” atau biasa ditulis “–“) maka jumlah elektron menjadi 18 yang berarti atom klor menerima 1 (satu) elektron dari atom lain.

Pada atom netral: Nomor atom (Z) menyatakan jumlah proton = jumlah elektron suatu atom

      3.      Nomor Massa (A)

Nomor massa merupakan nomor yang menunjukkan jumlah proton dan neutron yang terdapat pada inti atom. Semua unsur mengandung tiga partikel yaitu proton, neutron dan elektron. Kecuali pada unsur hidrogen yang hanya memiliki proton dan elektron namun tidak memiliki neutron. Untuk mengetahui jumlah neutron dari suatu unsur, maka harus dilakukan pengurangan nomor massa dengan nomor atom, sehingga didapatkan jumlah dari neutron tersebut. Suatu unsur yang sama bisa memiliki jumlah neutron yang berbeda karena memiliki nomor massa yang berbeda juga. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada artikel Mengenal dan Memahami Isotop, Isobar, dan Isoton.
Contoh:
= Pada atom sulfur tersebut diketahui nomor atom = jumlah protonnya 16. Selanjutnya untuk mengetahui jumlah neutron dari atom sulfur tersebut maka dapat dihitung dengan cara:  jumlah proton = nomor massa – nomor atom = 32– 16 = 16. Dari perhitungan tersebut telah diperoleh jumlah neutron dari unsur sulfur.

Nomor massa (A) menyatakan jumlah proton + jumlah neutron suatu atom


(Sumber: Kimia SMA/MA Kelas X karya: Khamidinal, dkk dan Aktif Belajar Kimia Untuk SMA & MA Kelas X karya: Hermawan, dkk)
0 Komentar untuk "Lambang Atom, Nomor Atom dan Nomor Massa"
Back To Top